Tugas ke-5 Manajemen Umum

Formatif 6

Soal :
1. Buatlah essei atau jurnal tentang tehnologi computer.
2. Kurang lebih 2 halaman
3. Kirim melalui student site menu penulisan.

TEHNOLOGI COMPUTER
Di masa globalisasi sekarang ini diperlukan teknologi yang sangat mutahir dan canggih apalagi menghadapi zaman yang menerapkan sistem persaingan yang cukup ketat. Dan untuk menyiasati serta untuk bertahan dalam menghadapi persaingan tersebut kita perlu memahami apa yang di butuhkan saat situasi perkembangan era globalisasi ini. Seperti pada perkembangan teknologi komputer. Teknolgi komputer akan terus berkembang mengikuti alur perkembangan zaman, tentunya jika kita tidak cepat mengetahui seberapa jauh perkembangan komputer maka kita akan dianggap ketinggalan zaman apalagi bidang kita bergerak pada yang menyangkut tentang komputer seperti teknik komputer, teknik informatika, sistem informasi, manajemen informatika dan lain-lain.
Komputer mengalami beberapa generasi, dan hampir dalam perpindahan dari generasi satu ke generasi selanjutnya komputer terus mengalami perkembangan. Seperi pada zaman dahulu kala, awalnya komputer hanyalah sebuah alat hitung yang sangat sederhana yang hanya bisa menjumlah, mengurang, mengalikan, dan membagi angka. Kemudian perkembangan komputer terus ditingkatkan sehingga di generasi yang pertama komputer adalah sebuah alat yang berkomponen terdiri dari 18.000 tabung vakum (vacum tube), 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder. Komputer tesebut merupakan mesin yang sangat besar berbobot 30 ton dengan panjang 30m dan tinggi 2.4m serta mengkonsumsi daya sebesar 174kw. Komputer generasi pertama sangat boros dan sangat rumit, pada generasi ini komputer masih memiliki proses yang lambat dan hanya berorientasi pada aplikasi bisnis. Selanjutnya komputer terus di kembangkan sehingga muncul komputer generasi kedua yang tentunya lebih baik dari yang sebelumya. Pada generasi ke dua komputer di kembangkan menggunakan transistor, dan menggunakan bahasa tingkat tinggi seperti COBOL, FORTRAN, dan ALGOL. Dan berorientasi pada bisnis dan teknik. Pada generasi selanjutnya komputer di perbarui dengan menggunakan komponen IC (Integrated Circuit), komputer menjadi lebih kecil, kapasitas memori lebih besar lagi, hemat listrik, dan banyak bermunculan application software. Di generasi selanjutnya yaitu generasi ke empat, telah menggunakan Large Scale Integration (LSI), dikembangkan komputer microprocessor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer. Selanjutnya di generasi ke lima, menggunakan Very Large Scale Integration (VLSI), pada generasi ini mengembangkan komputer yang bisa bercakap dengan manusia sehingga bisa meniru intelegensi manusia, dikenal juga dengan sebutan Generasi Pentium yang masih digunakan sampai saat ini. Dan dari situlah terbukti bahwa teknologi komputer tidak hanya sampai disitu saja tapi terus berkembang mengikuti zaman dan kebutuhan manusia yang tak terbatas.
Dalam kehidupan sehari-hari hampir semua bidang menggunakan komputer, seperti bidang pemerintahan, bidang militer, bidag pendidikan, bidang industri, bidang teknik dan ilmu pengetahuan, bidang bisnis, bidang perbankan bahkan pada bidang permainan. Tentunya jika kita tidak mengetahui tentang komputer maka kita akan merasa bingung dan ketinggalan akan kelajuan teknologi yang tidak di barengi kemampuan kita tentang komputer.Tanpa kita sadari tentunya banyak sekali pengaruh komputer untuk membantu kita sehingga pekerjaan manusia menjadi tertolong.
Di zaman secanggih ini tentunya perkembangan teknologi ini sangat cepat, apalagi sekarang sudah banyak muncul berbagai jenis maupun merk yang bermunculan pada masyarakat. Dan dari situ juga banyak dikeluarkan produk-produk yang menunjang kegiatan komputer. Dalam hal ini komputer sudah bukan menjadi hal yang tabu, tetapi merupakan hal pokok yang harus di penuhi. Coba kita lihat dari segi pendidikan sudah banyak sekali siswa-siswa yang sudah beralih pada komputer untuk menunjang kegiatan belajarnya, apalagi di dunia bisnis yang sangat lekat sekali dan tidak bisa dilepaskan oleh komputer. Dan begitu juga dengan pemerintahan, militer dan lain-lain. Di satu sisi menurut saya bahwa teknologi komputer yang terus ber kembang haruslah di seimbangi oleh kinerja pemerintah yang terus dan harus mendukung dari segi apapun, karena mau tidak mau kita akan menghadapi pasar bebas. Dukungan pemerintah dengan adanya kemajuan teknologi komuter terbukti dengan adanya pameran-pameran tentang komputer. Sehingga kita dapat belajar sejauh mana teknologi berkembang dan mengenal produk-produk terbaru yang ada di pasaran.
Dengan demikian, kita merasa sangat pentingnya teknologi bagi kehidupan kita. Tetapi kita juga jangan lupa akan pentingnya kehidupan bagi kita, keselarasan hidup dengan menggunakan teknologi. Untuk itu kita harus berusaha mengikuti perkembanhan teknologi komputer agar tidak ketinggalan, belum saatnya untuk terlambat untuk mengikutinya karena tidak ada kata terlambat untuk belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar