Artikel Perbankan Indonesia

BI Membentuk Arsitek Perbankan Indonesia

Bank Indonesia akan membentuk Arsitektur Perbankan Indonesia (API) yang bertugas mempersiapkan perbankan nasional agar mampu bersaing pada skala internasional. Selain itu, API diminta membenahi sistem perbankan nasional untuk meningkatkan citranya di kalangan dunia. API akan bekerja secara bertahap selama 10 tahun sehingga pada 2014, Indonesia diharapkan sudah mempunyai sistem perbankan yang tangguh. Demikian informasi yang dihimpun SCTV dari BI di Jakarta, Selasa (23/12).

Dalam kinerjanya, API terfokus pada upaya membenahi dan melengkapi berbagai aspek dalam industri perbankan. Rincian aspek tersebut antara lain struktur perbankan, pengaturan dan pengawasan bank, kondisi internal bank, infrastruktur pendukung industri, serta aspek perlindungan dan pemberdayaan konsumen.

Nantinya, hasil penelitian akan menjadi pedoman baku sebagai penentu arah kebijakan. Tujuan lainnya adalah mengantisipasi kemungkinan munculnya krisis moneter seperti enam tahun silam. Bila tak ada aral melintang, API terbentuk akhir 2003 ini sehingga implementasinya bisa dimulai pada awal 2004.

Kondisi perbankan yang bak menara gading pun sudah disitir Menteri Kelautan dan Perikanan Rokhmin Dahuri, beberapa waktu lampau. Menurut dia, sektor perbankan pelit bila harus menyalurkan kredit buat nelayan. Buktinya, jumlah dana yang dikucurkan perbankan untuk sektor riil seperti nelayan selalu sedikit [baca: Perbankan Dinilai Tak Berpihak pada Sektor Riil]. Sebaliknya, untuk bisnis skala besar, perbankan tak segan-segan memberikan dana sampai triliunan rupiah.(KEN/Indy Rachmawati)
 Sumber: http://news.liputan6.com/read/68762/bi-membentuk-arsitek-perbankan-indonesia

2 komentar:

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    www.arenakartu.cc
    100% Memuaskan ^-^

    BalasHapus
  2. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Menyediakan Deposit Via Pulsa TELKOMSEL / XL
    Dompet Digital OVO, DANA, LINK AJA, GOPAY
    Link Alternatif :
    www.arenakartu.org
    100% Memuaskan ^-^

    BalasHapus